Cara Memaksimalkan Desain Rumah Sederhana

Jikakitaberbicaratentang rumah sederhana seringkali kita membayangkan rumah minimalis dalam arti yang sebenarnya, yaitu sempit dan dibuat dari material yang murah. Saat ini, istilah sederhana dalam rumah bukanlah berbicara tentang ukuran namun berkaitan dengan konsep praktis dan fungsional, dll. Konsep praktis dan fungsional itulah yang kemudian dituangkan dalam desain rumah sederhana.

Ragam rumah sederhana

 

Rumah sederhana sendiri secara definitif tidak baku karena setiap orang mempunyai standar sederhana yang berbeda. Jika merujuk pada developer-developer saat ini rata-rata mereka membedakan ragam jenis rumah sederhana berdasarkan ukuran dan jumlah kamar, sebagai contoh:

1. Dengan satu kamar, biasanya menjadi pilihan orang yang masih tinggal sendiri. Harganya cukup terjangkau karena ukurannya yang tidak terlalu luas. 

2. Dengan dua kamar, menjadi tipe rumah yang banyak dipilih dengan luas dan harga yang bervariasi. 

3. Dengan tiga kamar, menjadi pilihan mereka yang telah berkeluarga dengan harga dan luas yang lebih bervariasi.

Contoh rumah sederhana

 

Ada banyak contoh rumah sederhana modern yang bisa menjadi referensi Anda dalam membangun atau menentukan konsep terlebih dulu. Misalnya yang sangat popular saat ini adalah desain rumah sederhana bercampur gaya tradisional.

Umumnya desain minimalis/sederhana memiliki ciri khas ruangan yang diperlebar, dengan cara mengurangi penggunaan sekat dan meningkatkan serta menambah fungsi dari setiap mebel yang ada. Sementara rumah tradisional memiliki ciri khas mebel atau furniture yang mewah, kokoh dan berwarna gelap, khususnya coklat dari pernis. Rumah tradisional juga lazimnya banyak mengambil konsep ukiran dan ornamen tradisional.

Saat berpadu, dan menggabungkan dua desain itu akan tercipta konsep dualistic yang memberikan kesan desain rumah sederhana tapi mewah. Di satu sisi rumah akan terlihat luas, dan disisi lain penggunaan barang-barang tradisional menjadikannya terlihat antik dan berkelas. Barang atau meubel biasanya akan dibuat sedemikian rupa agar lebih multifungsi.

 

Bagaimana memaksimalkan rumah sederhana?

Sebelum menjatuhkan pilihan kepada salah satu contoh desain rumah sederhana, beberapa pertimbangan berikut dapat menjadi panduan bagaimana memaksimalkan rumah sederhana agar sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda.

​1. Gaya Rumah

 

Ini akan menentukan tampilan rumah secara keseluruhan. Jika ingin membangun dengan gaya minimalis, maka pilihlah rencana denah untuk rumah minimalis pula, jika ingin membangun gaya klasik, desain sesuai konsep, begitu juga dengan gaya mediteranis, gaya traditional, dll. Selaraskan juga interior dengan keseluruhan Anda.

​2. Jumlah Kamar

Ketahui dengan pasti jumlah kamar tidur yang dibutuhkan untuk tempat tinggal Anda. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan frekuensi tamu yang datang menginap. Dua kamar tidak akan cukup bagi Anda yang memiliki anak banyak dan kerabat yang sering datang datang berkunjung.

Jika luas area rumah tidak mencukupi untuk membuat kamar, mau tidak mau jika Anda benar-benar membutuhkan kamar tambahan memperluas dengan menambah lantai atas adalah solusinya. Atau paling tidak coba cari inspirasi memanfaatkan loteng untuk kamar tidur. Dengan penataan yang kreatif loteng bisa disulap mejnadi kamar yang sderhana namun ciamik.

​3. Satu atau dua lantai

Menentukan jumlah lantai rumah umumnya disesuaikan dengan luas lahan. Berkonsultasilah dengan ahlinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan efektif untuk tiap ruangan khususnya untuk rumah satu lantai. Bila rumah tingkat, maka Anda akan memiliki ruang lebih untuk kamar tidur dan ruang lain.

Rumah tingkat dalam gambar di atas bisa menjadi inspirasi rumah dua lantai yang sederhana tapi sangat chic dan terlihat modern. Inspirasi lainnya, dapat anda temukan di sini.

 

4. Taman Sederhana

Penampilan rumah sederhana akan tampak mewah djika didukung dengan penataan taman yang apik. Apalagi untuk Anda yang tinggal di perkotaan, mempunyai taman di rumah merupakan fasilitas mewah yang membuat Anda dapat berelaksasi di  teras rumah.

Konsep taman bisa menyesuaikan dengan gaya rumah seperti apa yang akan Anda usung. Jika Anda beruntung mempunyai area luas menempatkan rumput di sebagian besar area taman bisa menjadi pilihan. Contohnya adalah taman hasil karya RVB PAYSAGE di atas. Dengan desan rumah yang sederhana mampu menghadirkan kemewahan dalam pemandangan taman yang asri.

Namun jika Anda tidak cukup lahan, menempatkan beberapa tanaman di teras rumah maupun dekorasi taman indoor adalah solusi.

​5. Ruang tambahan

 

Ruang tambahan dapat berupa ruangan untuk mencuci, penyimpanan barang atau bahkan untuk hiburan. Yang terpenting adalah mempertimbangkan dengan masak untuk menyediakan ruangan ini karena bila tidak efektif hanya akan menjadikan rumah terkesan sempit. Nampak sangat tidak rasional bila karena ingin membuat ruangan khusus untuk bermain game, Anda harus mengorbankan kenyamanan melakukan hal-hal pokok lain.

​6. Kamar Mandi

Penting untuk dipikirkan kala hendak membangun rumah. Sangat tidak menyenangkan bila harus mengantri khususnya di pagi hari dengan anak-anak dan suami hanya untuk mandi atau ke toilet hanya karena ada satu kamar mandi di rumah. Pikirkan jumlah kamar mandi, kemudian tempatkan di lokasi-lokasi strategis yang memudahkan seperti dekat kamar tidur atau di belakang dapur.

​7. Fungsionalitas

Usai menentukan kamar tidur, kamar mandi, ruangan tambahan yang akan dibangun di rumah selanjutnya masuk ke tahap berikutnya semacam sinkronisasi, bagaimana ruangan-ruangan tersebut di tempatkan satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan yang fungsional. Misalkan penempatan kamar mandi dan kamar tidur. Di beberapa kasus ada banyak yang setuju kamar mandi terletak di dalam kamar namun ada juga yang memilih tidak dalam satu ruangan. Atau meja makan ditempatkan di dapur, namun ada juga yang ingin menempatkannya di satu titik lain yang berjarak agak jauh. Hal ini nampak tidak fungsional karena di titik tertentu akan menyulitkan untuk membawa makanan dari dapur ke satu tempat lainnya.

 

Sumber : https://www.homify.co.id/ideabooks/5180222/cara-memaksimalkan-desain-rumah-sederhana